Inisiasi Kerja Sama: Eksplorasi Kolaboratif Prodi Manajeman FEB UPN "Veteran" Yogyakarta Implementasikan Kerja Sama dengan Universitas di Malaysia

Program Studi Manajemen UPN "Veteran" Yogyakarta melanjutkan kerjasama dengan Management and Science University (MSU) dan Universiti Teknikal Melaka (UTeM) di Malaysia dengan melakukan kunjungan ke kedua universitas pada tanggal 25-29 April 2024.

Sebanyak 13 peserta, terdiri dari dosen dan staf akademik di bidang manajemen, bergabung dalam rombongan delegasi yang melakukan kunjungan studi ke MSU dan UTeM selama 4 hari, dimulai pada Kamis, 25 April 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya serta mendalami studi perbandingan dan mengeksplorasi sinergi dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat.

Selama kunjungan tersebut, peserta dari UPN "Veteran" Yogyakarta juga akan mempresentasikan artikel ilmiah yang telah mereka hasilkan untuk dikolaborasikan publikasi bersama dosen di UTeM. Begitu juga sebaliknya, dosen di UTeM juga mempresentasikan artikel ilmiah mereka untuk dipublikasikan bersama. Langkah ini diinisiasi oleh Dr Titik Kusamantini SE, M.Si selaku PIC yang melakukan eksplorasi penjajakan kerjasama dengan 2 PT di Malaysia tersebut. Menurut Dr Titik Kusmantini, kegiatan publikasi bersama diharapkan akan memperluas wawasan dan mendorong kerjasama dan memantik kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat internasional, yang menjadi fokus utama dalam memajukan kemitraan antara kedua lembaga pendidikan. Agenda lain di UTeM, melakukan pengabdian internasional bersama tim dosen PS Manajemen UPNV Yogyakarta dan tim dosen IPTK, UTeM dengan tajuk edukasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal bagi SME’s Halal Food Hub di Melaka. Narasumber pelatihan (1) Dr Heru Tri Sutiono (2) Dr Zanne; (3) Dr Waqar.

Selain itu, delegasi juga akan mengeksplorasi peluang untuk inisiasi pembukaan program penyelenggaraan pendidikan bergelar dengan mitra PT LN (Management and Science University, Malaysia) yakni pembukaan double  degree bagi mahasiswa di PS Manajemen Program Sarjana dan Magister. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademik dan memberikan ruang bagi pembelajaran dan pengembangan profesional bersama. Dalam agenda kunjungan di MSU, fokus pada matching kurikulum dan pembahasan pelaksanaan teknis dan persyaratan double degree, dihadiri PIC Kerjasama internasional MSU dengan Indonesia yakni Dr Pitra Ahmad dan beberapa pejabat dekanat FEB dan Pascasarjana di MSU.




Share: