Inspiratif! Selamat Bagi Ibu Dwi Sudaryati atas Terlaksananya Ujian Promosi Doktor

SEMARANG, 30 September 2024 – Usai terlaksana prosesi ujian promosi doktor yang ditempuh oleh Ibu Dwi Sudaryati, selaku dosen jurusan akuntansi FEB UPNYK. Pelaksanaan ujian yang bertepatan pada bari senin dan berlokasi di Ruang Sidang Doktor Hall Pertamina Lt. 3, Gedung Dekanat FEB Universitas Diponegoro (Undip) ini membawakan judul disertasi: “Simbolisme dan Legitimasi Dalam Sustainability Reporting Perguruan Tinggi”.    

Menurut Ibu Sudaryati, topik penelitian ini merupakan suatu telaah yang krusial untuk mengungkap praktik pelaporan keberlanjutan dan esensi makna dibalik praktik pelaporan keberlanjutan pada perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH) di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, pelaporan keberlanjutan merupakan perwujudan transparansi tindakan organisasi terhadap lingkungan dan masyarakat, namun, selain itu, pelaporan berkelanjutan juga dapat menjadi sarana untuk memperlihatkan bagaimana PTN-BH mengelola risiko dan peluang terkait dengan isu-isu sosial dan lingkungan.

Adapun temuan yang dihasilkan oleh Ibu Sudaryati menghasilkan simpulan yang cukup menarik, yang mana ditemukan bahwa ada variasi motif dan alasan dalam menerapkan konsep Sustainability Reporting dalam PTN-BH. Di satu sisi ditemukan sebuah asumsi yang mana perguruan tinggi beranggapan bahwa sustainability secara tidak sadar sudah dilaksanakan sejak dulu hingga saat ini. Akan tetapi PTN-BH belum memahami bahwa aktivitas yang ada adalah aktivitas sustainability. Di sisi lainnya, penerapan Sustainability Reporting diyakini adalah sebuah tindakan simbolik yang dilakukan oleh pihak manajemen PTN-BH yang mana, penerapannya hanya ditujukan untuk memenuhi pemeringkatan.

Akhir kata, prestasi Ibu Sudaryati dalam menggapai gelar doktor merupakan suatu kebanggaan yang diharapkan dapat menjadi sumber motivasi bagi sivitas akademika lainnya untuk semakin giat mengenyam pendidikan agar dapat mengharumkan nama dan menciptakan nilai serta manfaat riil yang dalam melaksanakannya, dapat diselaraskan dengan Tridarma perguruan tinggi.

Share: