Inisiasi Kerja Sama: Signing Memorandum of Agreement: FEB UPN “Veteran” Yogyakarta Bersama Universiti Teknikal Melaka (UTeM) Malaysia

Inisiasi kegiatan kerjasama antara PS Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPTK UTeM (the Institute of Technology management and Entrepreneurship) diawali Agustus 2023 dengan beragam kegiatan seperti Penyelenggaraan Kolokium Bersama bagi mahasiswa MM, FEB UPN “Veteran” Yogyakarta dan Mahasiswa magister di IPTK. Kemudian pertukaran dosen, publikasi bersama dan penelitian kerjasama internasional.  Dekan IPTK Prof Dr Ahmad Zaki Bin A Bakar, MNCC, SEARCC mengapresiasi gerak cepat dan eksekusi kegiatan kerjasama yang masih yang dilakukan tim PIC UPN Veteran Yogyakarta. Langkah eksekusi kegiatan kerjasama yang massif, telah berhasil mendorong terealisasinya penandatanganan MoU  kedua belah pihak, delegasi dari UTeM, Malaysia Prof. Dr. Sameer Ali Hussein Al-Shami di terima Rektor Prof. Dr. Muhammad Irhas Effendi bersama Wakil Rektor 3, Dekan FEB, Dekan FTI dan pengelola di PS Manajemen pada tanggal 27 September 2024 di Ruang Sidang Rektorat Lantai 1.

Dalam sambutannya Rektor UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari mitra kerjasama, diharapkan kegiatan-kegiatan konkrit difokuskan untuk peningkatan kapasitas pembelajaran kolaboratif guna mendukung pencapaian daya saing lulusan yang berdaya saing internasional. Beragam kebijakan telah dieksekusi UPN “Veteran“ Yogyakarta, salah satunya adalah mendorong Program Studi untuk mengisi kegiatan kerjasama yang sudah dibangun, salah satunya menambah skema hibah penelitian kerjasama internasional di LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Januar Eko Prasetyo, SE, M.Si, Akt juga mendorong terus program studi untuk aktif mendorong dosen dan mahasiswa berkegiatan di luar kampus, dan diharapkan dengan berkegiatan di luar kampus akan membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan. Dekan memberikan respon positif atas upaya publikasi bersama yang dilakukan oleh Program Studi. Untuk optimalkan kesempatan hadirnya kolega dari UTem tersebut, ketua jurusan memfasilitasi koordinasi tim penulis dengan Prof Dr Sammer sebagai coach untuk publikasi artikel di jurnal terindeks scopus dapat terealisasi. Artikel yang telah direview oleh tim reviewer UTeM, telah proses submit dan under review, diharapkan luaran ini akan meningkatkan IKU PS.

Ketua Jurusan Dr Titik Kusmantini, SE, Msi melaporkan 3 dosen di PTS Jurusan Manajemen telah berhasil memperoleh skema hibah penelitian kerjasama internasional. Dua tim dosen melakukan kerjasama penelitian dengan UiTM, dengan ketua peneliti Prof Dr M Irhas Effendi dan Dr Dyah Sugandini, SE, M.Si. Sedangkan tim penelitian kerjasama internasional dengan UTeM terdiri dari Dr Titik Kusmantini, SE, M.Si (Sebagai Ketua Peneliti UPN V YK); Dr Anida Robani (ketua Peneliti di UTeM), dan anggota peneliti  Dr Heru tri Sutiono, SE, MSi serta Dr Zuhrotun, SE, MSi, Akt. Adapun judul penelitian: The Nexus Between Digital Economy and cooperative for Sustainable Rural Development: Comparative Study of Supply Chain Performance between BUMDes Indonesia and Desa Lestari Cooperatives, Malaysia.

 

Share: